Manchester by the Sea : Antara Keluarga dan Masa Lalu

manchesterbythesea_1.png

Manchester by the Sea (2016)

Director                : Kenneth Lonergan

Writer                   : Kenneth Lonergan

Stars                      : Casey Affleck, Michelle Williams, Kyle Chandler

Genre                   : Drama

Runtime               : 2 h 7 min

FACTS :

Manchester by the Sea adalah film drama dari Amerika Serikat yang bercerita tentang seorang paman yang harus menjaga sang keponakan yang ditinggal mati ayahnya. Film ini dibintangi Casey Affleck, Michelle Williams, Lucas Hedges dan Kyle Chandler.

Film garapan sutradara Kenneth Lonergan ini berhasil mengantarkan sang aktor utama, Casey Affleck menyabet penghargaan prestisius yaitu piala Golden Globe Awards ke 74 untuk kategori Best Actor in a Motion Picture – Drama. Selain itu film ini juga mendapat nominasi untuk 4 kategor lain, yaitu Best Picture, Best Director, Best Supporting Actress (Michelle Williams) dan Best Screenplay.

Tak cukup sampai disitu, film ini juga mendapat 6 nominasi pada acara 89th Academy Awards (Piala Oscar) yang akan diselenggarakan pada 26 Februari 2017.

Dari situ kita dapat beranggapan bahwa film ini mendapat tanggapan yang bagus dari banyak kritikus dan pencinta film.

manchesterbythesea_2.png

PLOT :

Lee Chandler (Casey Affleck) adalah seorang pria pendiam yang telah hidup berpisah dari sang mantan istri, Randi (Michelle Williams). Tragedi masa lalu masih begitu membekas dalam benaknya membuat dirinya seakan tidak peduli apa yang terjadi dengan orang-orang disekitarnya, bahkan dengan dirinya sendiri. Ketika sang kakak, Joe (Kyle Chandler) meninggal karena sakit, dia diberi wasiat untuk menjadi wali dari Patrick (Lucas Hedges), si keponakan.  Keduanya saat itu tinggal di tempat yang berjauhan. Hal tersebut menimbulkan masalah bagi Lee karena baik dia maupun Patrick sama-sama tidak ingin meniggalkan rumah dan kehidupan mereka saat itu untuk tinggal bersama.

manchesterbythesea_3.png

IS IT WORTH YOUR TIME?

Benar dari penampilan para aktor dan aktris di film ini sangat bagus, dan dari segi cerita dibuat realistis. Akan tetapi, saya  tidak berhasil terbawa dengan suasana hati  yang dibawa para karakter disini. Bagi saya kekurangan dari film ini, yang dengan alur yang lambat saya mengharapkan ada klimaks yang berarti di akhir film, akan tetapi harapan saya hanya tidak terwujud. Kesimpulan saya film ini hanya bagus untuk ditonton sendiri dan hanya ketika kalian dalam mood yang baik.

My Score   : 75/100

IMDb   : 8.1/10

Rottentomatoes   : 96%

Metascore   : 96/100

 

 

Universitas AMIKOM Yogyakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: